Home » » Mudah, Kenapa harus menunda belajar Tahsin?

Mudah, Kenapa harus menunda belajar Tahsin?

Yayasan BSC | 18:02 | 0 comments

Masih zaman ya belajar tahsin ? Sepenting apa sih belajar tahsin itu? Apa “seumur kita” ini masih harus belajar tahsin? Buat apa? Dulu kan sudah pernah ngaji di TPA. Sekarang pun masih sering ikut "ta'lim" kok. Jadi untuk apa sih belajar tahsin ? dan lain-lain..
waduhh mungkin pertanyaan itu ya yang sering muncul di benak sebagian orang ketika membaca judul di atas.


     Eittss.. Jangan salah . Belajar tahsin memang tidak akan pernah ada habisnya ko. Hmm sekarang kita pikirkan deh apa kita yakin bacaan qur'an kita sudah sesuai dengan bacaan Rosulullah SAW ? Atau mungkin kita sudah bisa menjamin lidah kita tidak salah ketika membaca al-qur'an ? kita ngga tau kan.. Itulah alasan mengapa kita perlu belajar tahsin. Bahkan orang yang sudah berpuluh-puluh tahun belajar tahsin saja masih tetap merasa perlu untuk berlatih dan memperbaiki bacaannya. *dan termasuk saya juga yang masih perlu berlatih dan memperbaiki bacaan Al-Qur’an. Lagian gakan rugi ko kalau kita belajar tahsin.
Di post kali ini saya coba ungkapkan beberapa keutamaan belajar tahsin ..

Sebelumnya arti dari tahsin itu sendiri à  

Tahsin secara bahasa artinya memperbaiki. Secara istilah, tahsin berarti membaca al-qur'an dengan benar sebagaimana bacaan Rosulullah SAW dan para sahabatnya dengan cara memperhatikan hukum-hukum bacaan, mengeluarkan huruf dari makhrojnya, serta memperindah suara.

1.  Belajar tahsin dan mengajarkan tahsin merupakan amal terbaik. Dalam sebuah hadits riwayat Al-Bukhori Rosul SAW bersabda,
 "Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar al-qur'an dan mengajarkannya." Nah klo kita udah bisa tahsin otomatis kita juga bisa mengajarkan tahsin ke orang lain kan dan itu juga dapet pahala buat kita. Siapa sih yang ngga mau pahala?? Jadi 2 loh pahala yang kita dapet belajar tahsin dan mengajarkannya .

2. Orang yang belajar tahsin mendapat sakinah dan rahmat. Rosul yang mulia bersabda dalam hadits riwayat Muslim, "Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah untuk membaca dan mempelajari al-qur'an kecuali turun atas mereka sakinah dan rahmat serta diliputi oleh malaikat serta Allah sebut di hadapan (malaikat) di sisi-Nya."

3. Belajar tahsin merupakan kesibukan yang sangat terpuji di sisi Allah SWT. Dalam sebuah hadits qudsi riwayat At-Turmudzi Rosul SAW bersabda, "Allah berfirman siapa yang sibuk dengan al-qur'an dan dzikir dari meminta pada-Ku akan Ku beri sebai-baik pemberian-Ku kepada orang-orang yang meminta dan kelebihan kalam Allah atas kalam lain seperti kelebihan Allah atas makhluk-Nya."


4. Orang yang belajar tahsin kelak akan mendapat derajat yang tinggi. Rosul SAW bersabda dalam sebuah hadits riwayat Bukhari dan Muslim, "Orang yang membaca al-qur'an dengan mahir akan bersama-sama malaikat yang mulia lagi taat."

5. Orang yang belajar tahsin kelak akan mendapat syafa'at di hari kiamat. Dalam hadits riwayat Muslim Rosul SAW bersabda, "Bacalah al-qur'an, sesungguhnya ia pada hari kiamat akan datang menolong pembacanya."


     Nah loh ..sungguh luar biasa sekali kan keuntungan belajar tahsin? Tunggu apa lagi? Sekarang ini sudah banyak lembaga yang membuka kelas belajar tahsin. Salah satunya 
Lembaga Pendidikan FATYA CENTER. yang menyediakan program privatnya, jadwal yang ditentukan oleh kita,  Mudah kan? J
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fatya Center - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger